Wednesday 20 February 2019

Manfaat Kegiatan Pengabdian di Desa // Pengalamanku

Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur
Bogor, Jawa Barat
27 Januari - 5 Februari 2018

Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam untuk seluruh teman-teman yang mampir ke Blog ku hari ini! Retha's blog back!! Doakan ya teman-teman supaya aku bisa lebih sering lagi menulis disini. So, kali ini aku ingin berbagi cerita  mengenai pengalamanku dalam mengikuti pengabdian di suatu Desa yang ada di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan pengabdian ini diadakan oleh Jurusan yang ada di kampusku. Jujur,
awalnya aku gak begitu tertarik untuk mengikuti kegiatan ini, tapi mengingat kegiatan itu dilakukan saat libur semester yang berarti aku akan mengendap di rumah selama sebulan, aku putuskanlah untuk ikut. Iseng dan supaya ngisi waktu luang aja, haha.

Oke, singkat cerita terpilihlah aku sebagai volunteer pengajar mata pelajaran IPA di kegiatan yang bernama ANDES Chapter 2 ini. ANDES yang artinya AN (Administrasi Niaga) Masuk Desa. Memang kegiatan ini sudah berlalu sekitar 1 (satu) tahun yang lalu, tapi kenangannya itu loh teman-teman.......... gak bisa dilupakan sampai sekarang.

Pertama, perkenalkan kami yaitu Panitia dan Volunteer dari AN Masuk Desa

Panitia dan Volunteer ANDES Chapter 2
Inilah kami yang selama 10 hari tersebut turun mengabdi untuk Desa Sukaresmi, Bogor.

Banyak sekali kegiatan yang kami lakukan selama berada di sana. Mulai dari mengajar, pendekatan ke rumah warga-warga sekitar, memberi pelatihan ekonomi kreatif untuk warga desa, belajar bahasa inggris bersama anak-anak, mengaji dan mengerjakan PR bersama, bermain, membersihkan perpustakaan, bahkan melakukan pentas seni untuk memberikan kesempatan untuk anak-anak SDN 1 Menteng untuk menunjukkan bakat mereka. 

Gak mandi dalam sehari udah jadi hal biasa untuk kami.
Setiap pagi, di kontrakan, selalu ada nada dering alarm yang bersahutan.
Bahkan, suara buang angin yang bersahutan pun juga tidak asing di telinga kami. Hahaha
Dan yang lebih ekstrim lagi, ketika kami diganggu oleh "mereka".

Dibalik duka-duka diatas, tentunyaa lebih banyak suka yang kami daptat. Untuk aku sendiri, dari kegiatan inilah aku mulai mengenal orang-orang dari prodi lain. Tentunya menambah relasi dong di jurusan sendiri.

Selain itu, hal positif yang aku dapatkan juga dalam membentuk kepribadian. Aku lebih memahami bagaimana menyikapi sifat setiap orang, lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum (karena selama disana aku mengajar SD), lebih mengerti caranya berbagi, dan lebih tau arti dari bersyukur.

Buat teman-teman yang ingin memutuskan mengikuti kegiatan pengabdian di Desa, mending kalian ikut aja deh daripada nyesel nantinya! Banyak banget hal positif dari kegiatan seperti itu loh. Jadi jangan sia-siakan kesempatan itu. Kesempatan gak datang dua kali kan???

Supaya lebih semangat, ini aku sisipkan sebagian foto ketika kami berada disana! Blog selanjutnya aku akan cerita mengenai perjuanganku dalam mendapatkan PTN nih. So, ditunggu aja ya! Byeee

" Jangan pernah takut untuk memulai hal yang bukan ada di zona nyaman kamu. "

Hari pertama mau ngajar. Wajah masih bersih

Diskusi dulu bos

Volunteer tercinta

Bareng sebagian kecil siswi SDN 1 Menteng

Ngobrol-ngobrol cantik

Bareng cewe tercantik di SDN 1 Menteng haha + muka buluk

Bareng murid terganteng di SDN 1 Menteng haha

Main ke sungai bareng anak-anak

Bersihin sendal dari tanah yang nempel sampe 5 cm

Foto di kantin sekolah

Sebagian Volunteer

Pemberian hadiah siswa teraktif di kelas


No comments:

Post a Comment